Custom Search
Hot News
Friday, January 6, 2017

Upaya Lobi Panglima TNI Buntuh, Australia Rayu Menhan RI

Menhan RI, Ryamizard Ryacudu



INDOPOST, JAKARTA - Berbagai cara ditempuh pemerintah Australia untuk dapat memulihkan hubungan dengan Indonesia. Ketika jalan melalui Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatyo buntuh, kini pemerintah Negeri Kanguru mencoba masuk dari pintu Kementerian Pertahanan (Kemenhan). 

Melalui Menhan Marise Payne, pemerintah Australia mengirimkan surat yang isinya permohonan maaf kepada Indonesia atas dugaan pelecehan Pancasila pada latihan militer gabungan di Australia beberapa waktu lalu.



Baca juga: Hina Pancasila, TNI Hentikan Seluruh Kerja Sama Militer dengan Australia

Permintaan maaf melalui surat itu dibenarkan Menhan RI, Ryamizard Ryacudu. "Menhan Australia sudah mengirimkan surat kepada saya pagi ini yang mengungkapkan permohonan maaf karena terjadinya insiden itu," ujar Ryamizard di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (5/1).

Tak cuma dengan surat, Payne juga menyampaikan permohonan maaf melalui sambungan telepon. Kata Ryamizard, pihak Australia mengaku penyesalannya atas terjadinya kasus pelecehan ideologi Indonesia itu.


Baca juga: Hentikan Kerja Sama Militer dengan Australia, DPR Tunggu Klarifikasi TNI

Kepada Ryamizard, Payne berjanji akan mengusut hingga tuntas kasus tersebut. "Ya, mereka janji akan mengusut kasus ini sampai tuntas dan tegas dalam menindaklanjuti kejadian ini," jelas Menhan.




(mnd/indo)
Item Reviewed: Upaya Lobi Panglima TNI Buntuh, Australia Rayu Menhan RI Rating: 5 Reviewed By: The Indonesian Post