Hot News
Wednesday, January 11, 2017

Dugaan Korupsi Masjid Jakpus, Plt Soni: Sekda Saefullah Dipanggil Bareskrim

Masjid Al-Fauz yang berada di samping lapangan kantor Wali Kota Madya Jakarta Pusat saat diresmikan mantan Gubernur Fauzi Bowo




INDOPOST, JAKARTA – Bareskrim Mabes Polri memanggil Sekda DKI Jakarta M. Saefullah dalam kaitan penyidikan kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Al-Fauz, dinilai Plt Gubernur Soni Sumarsono sebagai tindakan wajar.
“Sangat wajar kalau polisi memanggil Sekda, karena selaku komandan Aparatur Sipil Negara (ASN). Siapapun Sekdanya saat ini,” ujarnya di Balaikota, Rabu (11/1/2017).

Semua urusan yang menyangkut korupsi di pemerintahan, sambung Soni, siapapun Sekdanya pasti sering dimintai keterangan polisi. “Perlu dicatat, pemeriksaan ini karena Sekda sebagai penanggung jawab komando ASN di setiap daerah. Bukan berarti dia terlibat dalam kasus tersebut,” papar Soni
Ia menambahkan pihaknya juga mendapat tembusan dari surat panggilan terhadap sejumlah pejabat DKI yang ditandatangani Direktur Tipikor Bareskrim Polri, Brigjen Pol Achmad Wiyagus.

Sebagai penanggung jawab komando ASN, kata Soni, sehingga  kalau itu terjadi di level aparat ASN di bawahnya, seperti dinas dan lainnya, itu mau gak mau sekda pasti dimintai keterangan. “Karena di samping posisinya sebagai ketua tim pembahasan anggaran (TPA) dan seterusnya, jadi itu wajar saja menurut saya,” ujar Soni.

Sebagaimana diketahui Bareskrim tengah menyidik kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Al-Fauz yang berada di dalam komplek kantor Walikota Jakarta Pusat. Operasional masjid tersebut diresmikan oleh Fauzi Bowo saat menjabat sebagai Gubernur DKI.

Pembangunan masjid tersebut menggunakan APBD 2010 dan 2011 yang mana saat itu jabatan Walikota Jakpus diemban Sylviana Murni yang kini maju sebagai cawagub. Adapun jabatan walikota periode berikutnya dilanjutkan oleh Saefullah sebeleum menjadi Sekda DKI.



(Joko/indo)
Item Reviewed: Dugaan Korupsi Masjid Jakpus, Plt Soni: Sekda Saefullah Dipanggil Bareskrim Rating: 5 Reviewed By: The Indonesian Post