Custom Search
Hot News
Wednesday, January 4, 2017

PM Turki Minta Donald Trump Hentikan Kiriman Senjata ke Milisi Kurdi

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim



INDOPOST, ANKARA - Perdana Menteri Turki Binali Yildirim meminta pemerintah baru Amerika Serikat (AS) dibawah pimpinan Donald Trump  berhenti mengirimkan senjata dan dukungan kepada milisi Kurdi di Suriah. Milisi Kurdi baik YPG atau PKK masuk dalam daftar hitam teroris di Turki.

Berbicara di depan anggota Partai AK, Yildirim menuturkan pemerintah AS saat ini bertanggung jawab penuh atas perkembangan milisi Kurdi di Suriah. Dia berharap, pemerintah selanjutnya bisa memperbaiki kesalahan tersebut.

"Amerika tidak seharunya tidak membuat kemitraan strategis dengan kita berada dibawah bayang-bayang kelompok teroris," ucap Yildirim, seperti dilansir Reuters pada Selasa (3/1).

Turki menilai milisi Kurdi, khususnya PKK sebagai teroris. Dimana, PKK kerap melakukan serangan di Turki, yang mayoritas menargetkan anggota polisi dan militer di negara tersebut.

Berbeda dengan Turki, AS menilai milisi Kurdi adalah mitra mereka di Suriah. Alasan AS menganggap Kurdi mitra, dan membantu mereka dengan senjata adalah karena Kurdi turut memerangi ISIS di Suriah.

Sebelumnya, Presiden Turki Tayyip Erdogan mengaku kecewa dengan AS dan sekutunya karena mendukung Kurdi, dan juga ISIS. Erdogan menegaskan AS telah melanggar janji yang mereka buat mengenai Suriah.

"Pasukan koalisi, sayangnya tidak menepati janji mereka. Apakah mereka terus melanjutkan operasi atau tidak, kami akan terus melanjutkan upaya (melawan teroris) ini dengan cara yang ditentukan. Kami tidak akan melanggar jalur yang sudah ditetapkan," ucap Erdogan beberapa waktu lalu.



(esn/indo)
Item Reviewed: PM Turki Minta Donald Trump Hentikan Kiriman Senjata ke Milisi Kurdi Rating: 5 Reviewed By: The Indonesian Post