Hot News
Thursday, January 5, 2017

Habib Rizieq Terancam Penjara 5 Tahun Terkait Kasus Penistaan Agama

Habib Rizieq Sihab dan Ketua Tim Kuasa Hukum PMKRI, Petrus Selestinus (ilustrasi Indopost)




INDOPOST, JAKARTA - Perkembangan kasus penistaan agama yang dilaporkan Ketua PP PMKRI terhadap Imam Besar Habib Rizieq Sihab mulai memasuki babak baru.

Setelah pekan lalu melaporkan, kemarin Rabu, (04/01/2017) Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia (PP PMKRI) Angelo Wake Kako dimintai keterangan oleh Polda Metro Jaya terkait kasus penistaan agama yang menjerat Habib Rizieq.

Ketua Tim Kuasa Hukum PMKRI, Petrus Selestinus dan Angelo Wake Kako meyakini Habib Rizieq telah melanggar pasal 156 dan 156 A KUHP tentang penistaan agama.

Pihaknya menilai, respon polisi yang cepat menangani kasus ini menandakan bahwa polisi benar-benar serius mengusut karena ini masalah sensitif.

"Kalau kita lihat dari cepatnya polisi merespons laporan ini kita lihat polisi ini sangat serius. Karena laporan ini sangat sensitif," kata Petrus.

Saat dikonfirmasi awak media The Indonesian Post, Kamis petang, (05/01/2017) terkait ancaman pidana, melalui jaringan pribadi Petrus menjelaskan bahwa sesuai ketentuan pasal 156 dan 156a KUHP, jika terbukti bersalah, Imam Besar Habib Rizieq Sihab bisa dipenjara maksimal lima (5 tahun).
"Iya, ini ancamannya tidak main-main, penjara paling maksimal lima (5) tahun. Kami yakin dengan semua bukti-bukti yang sudah diserakan ke polisi. Kebenaran pasti akan akan menemukan jalannya sendiri," ujar pengacara senior ini.

Lebih lanjut Petrus mengatakan, bahwa pihaknya telah menyiapkan para ahli yang nantinya akan dilibatkan untuk mengusut delik pidana yang diduga dilakukan Rizieq dalam video ceramah yang beredar di media sosial.
"Ada ahli pidana, ada ahli agama, ada ahli IT dan ada ahli agama juga ada dari agama Katolik, Protestan, Islam, ini akan semua disiapkan untuk memperkuat laporan pelapor," paparnya.

Petrus menambahkan, polisi dalam waktu dekat ini akan segera melakukan rekonstruksi untuk memperkuat konstruksi hukum terkait laporan tersebut.

"Ya, nanti akan ada rekonstruksi. Rekonstruksi ini juga akan dilakukan di beberapa tempat antara lain di tempat kejadian pada waktu pernyataan itu disampaikan oleh Rizieq Shihab kemudian juga PMKRI sebagai tempat di mana mereka melihat dalam Youtube," tandasnya.

(mb/indo)
Item Reviewed: Habib Rizieq Terancam Penjara 5 Tahun Terkait Kasus Penistaan Agama Rating: 5 Reviewed By: The Indonesian Post