Custom Search
Hot News
Thursday, January 5, 2017

Donald Trump Menolak Rencana Barak Obama Tutup Penjara Guantanamo

Penjara Guantanamo



INDOPOST, WASHINGTON - Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump kembali menyatakan penolakannya terhadap penutupan atau pemindahan tahanan Guantanamo ke negara lain.
Kantor berita IRIB melaporkan, Trump selama masa kampanye pilpres sudah sering mengatakan bahwa ia tidak akan menutup penjara Guantanamo, tapi justru akan menambah jumlah tahanan di sana.

Dalam cuitan di akun Twitternya pada Rabu (4/1/2017), Trump menulis, "Seharusnya tidak ada pelepasan lebih lanjut dari Guantanamo. Mereka adalah orang-orang yang sangat berbahaya dan tidak boleh kembali ke medan perang."

Fasilitas penahanan Guantanamo merupakan penjara yang paling kontroversial, yang dibangun oleh pemerintah AS pasca serangan ke Afghanistan dan Irak. Para terduga teroris dan pelaku serangan 11 September ditahan di Guantanamo.

Presiden Barack Obama berjanji akan menutup penjara Guantanamo, tapi ia mengakui bahwa persoalannya lebih kompleks dari yang ia bayangkan. Obama gagal menutup Guantanmo sebagaimana janjinya.

Para aktivis hak-hak tahanan percaya bahwa penjara Guantanamo – karena menggunakan metode interogasi yang keras – merupakan sebuah penghinaan terhadap hak asasi manusia.


(rm/indo)
Item Reviewed: Donald Trump Menolak Rencana Barak Obama Tutup Penjara Guantanamo Rating: 5 Reviewed By: The Indonesian Post