Hot News
Friday, January 6, 2017

BI Papua Lakukan Edukasi dan Sosialisasi Hindari Berita Bohong

Kepala BI Papua Joko Supratikto saat memberikan sambutannya. (Ramah/indo)



INDOPOST, JAYAPURA– Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Papua melakukan edukasi dan sosialisasi uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang bertempat di ruang Rastra Samara, Kantor Polda Papua, Kota Jayapura, Kamis, 5 Januari 2017.

Kepala BI Papua, Joko Supratikto mengatakan, kegiatan dimaksud untuk memberikan informasi adanya berita “hoax (bohong)” terkait dengan penerbitan uang baru rupiah Tahun Emisi (TE) 2016. “Isu berita hoax itu diantaranya, percetakan uang TE 2016 tak lagi dicetak PERURI, adanya simbol palu arit, uang baru tersebut mirip mata uang Cina Yuan, dan gambar dalam uang baru rupiah TE 2016. Berita itu tak betul,” ujar Joko.

Menurut Joko, semoga sosialisasi ini dapat bermanfaat dan dapat disampaikan juga kepada keluarga, teman. “Ini perlu kita ketahui bersama. Sosialisasi ini akan terus berlanjut, bukan saja di Polda tapi juga di tempat lain,” tambahnya.

Wakapolda Papua, Brigjen Polisi Agus Rianto menyambut baik langkah BI Papua yang mengawali kegiatannya di tahun 2017 dengan melakukan kegiatan di jajaran pihaknya.

Kepada peserta yang hadir, Agus berpesan agar yang hadir menjadi pioner dalam mensosialisasikan kembali kepada jajaran Polda Papua, masyarakat, dan lingkungan keluarga. “Saya harapkan sosialisasi ini bisa kami cermati dan menjadi masukan. Kedepan kami lebih dulu memahami dari pada masyarakat,” ujarnya.

Edukasi dan sosialisasi uang NKRI TE 2016 yang berlangsung sekitar dua jam diikuti sekitar 100 orang kepolisian Polda Papua, yang dipandu langsung Sulaiman dari tim pengelolaan uang BI Papua.

Perlu diketahui, BI mengeluarkan 11 mata uang pecahan baru rupiah TE 2016. Diantaranya, tujuh pecahan uang kertas (Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu, dan empat uang logam (Rp1.000, Rp500, Rp200, Rp100), yang dikeluarkan pada tanggal 19 Desember 2016.


(Ramah/indo)
Item Reviewed: BI Papua Lakukan Edukasi dan Sosialisasi Hindari Berita Bohong Rating: 5 Reviewed By: The Indonesian Post