Hot News
Tuesday, December 27, 2016

Perajin Terompet ini Raup Untung Besar Jelang Tahun Baru

Keluarga Katimo dan terompet hasil kerajinan tangannya. (imam/indo)



INDOPOST, TANGERANG – Pergantian Tahun Baru 2017 tinggal beberapa hari lagi, banyak para pedagang musiman mulai marak. Seperti halnya perajin terompet yang mengais rezeki di setiap akhir tahun.

Terompet menjadi salah satu pernak-pernik yang banyak dicari jelang pergantian tahun. Momen ini dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan oleh para perajin terompet.

Di Cipete, Kota Tangerang Selatan, Katimo (51) dan istrinya Karni (48), yang biasanya menjual jamu tradisional sementara waktu beralih profesi menjadi perajin terompet. Oleh pasangan suami-istri ini, bisnis diakhir tahun dianggap bisa meraup keuntungan ganda dibanding dagangan yang biasa mereka lakukan.

Bukan sekali ini saja mereka menjadi perajin terompet. Sejak 35 tahun lalu, Katimo dan keluarganya memanfaatkan momen akhir tahun dengan membuat terompet. Tahun ini, pria asal Wonogiri, Jawa Tengah telah membuat 25 ribu terompet berbagai jenis dan ukuran.

“Terompet-terompet ini sudah pesanan untuk acara malam tahun baru, kaya di hotel, mal dan restoran,” ucap Katimo saat dijumpai awak media di rumah kontrakannya di Cipete, Kota Tangerang, Selasa (27/12/2016).

Untuk pembuatan ribuan terompet ini, Katimo dan istrinya sudah melakukannya sejak dua bulan lalu. Pengerjaannya dibantu sejumlah kerabatnya. “Ada 8 orang yang bikin, dari bulan Oktober kemarin,” ujar Katimo.

Daya tarik utama dari terompet buatan pria dua cucu ini adalah desainnya yang bervariasi. “Modelnya ya ada macam-macam. Ada yang kaya naga, terus Pokemon, barbie, terus yang biasa,” ucap suami Karni ini.

Setiap tahunnya, Katimo meraup keuntungan ganda dari hasil membuat pernah-pernik untuk pergantian tahun tersebut. “Alhamdulilah, keuntungannya dua kali lipat, hasil dari dagang jamu tradisional kita alihkan untuk modal membuat terompet,” pungkasnya.


(imam/indo)
Item Reviewed: Perajin Terompet ini Raup Untung Besar Jelang Tahun Baru Rating: 5 Reviewed By: The Indonesian Post