Custom Search
Hot News
Friday, December 30, 2016

Menlu Turki: Tak Ada Operasi dengan Rusia di Suriah

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu



INDOPOST, ANKARA - Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyatakan, negaranya tidak melakukan operasi bersama dengan Rusia di Suriah. Turki, lanjut Cavusoglu, hanya sebatas melakukan kerjasama untuk menciptakan gencatan senjata di Suriah.

"Tidak ada operasi (dengan Rusia) seperti yang kami lakukan di al-Bab," kata Cavusoglu dalam sebuah wawancara dengan media setempat, seperti dilansir Press TV pada Kamis (29/12).

Dalam wawancara itu dia juga mengatakan, Ankara dan Moskow sedang berusah keras untuk membuat kesepakatan gencatan senjata di Suriah. Dia berharap kesepakatan itu sudah bisa tercapai sebelum akhir tahun.

Cavusoglu, dalam wawancara itu juga tidak lupa mengkritik pemerintah Amerika Serikat (AS) karena memberikan senjata pada Unit Perlindungan Rakyat Kurdi di Suriah utara (YPG) dan pasukan Partai Persatuan Demokratik (PYD), yang masuk dalam daftar hitam di Turki.

"Koalisi yang dipimpin oleh AS belum memberikan dukungan udara untuk operasi "Euphrates Shield" yang kami lakukan. Tapi, AS memberikan senjata kepada YPG dan PYD," katanya, mengacu pada dua kelompok terbesar Kurdi.


(esn/indo)
Item Reviewed: Menlu Turki: Tak Ada Operasi dengan Rusia di Suriah Rating: 5 Reviewed By: The Indonesian Post