Hot News
Friday, December 30, 2016

Gedung Putih Akan Veto Resolusi Negara Palestina

Penasihat Keamanan Gedung Putih, Benjamin Rhodes



INDOPOST, WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyatakan akan memveto jika ada resolusi berisi pengakuan terhadap negara Palestina. Hal itu disampaikan oleh penasihat keamanan Gedung Putih, Ben Rhodes.

Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Rhodes diminta penjelasan mengenai pidato yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry soal penyelesaian konflik Israel dan Palestina. Dalam pidatonya Kerry mengatakan hanya solusi dua negara yang bisa menyelesaikan konflik itu.

Ketika ditanya apakah Kerry secara tersirat akan menolak semua upaya selain upaya solusi dua negara, termasuk upaya untuk mengakui negara Palestina melalui resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB, Rhodes mengatakan pihaknya akan menolak semua upaya tersebut.

"Ya, kami telah menegaskan hal ini dalam berbagai macam kesempatan," ucap Rhodes, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (29/12).

Sementara itu, terkait dengan pidato Kerry, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam pidato tersebut. Pemimpin Israel itu menyebut pidato Kerry bias dan melawan Israel.

Netanyahu menilai pidato Kerry tak jauh beda dengan isi resolusi Dewan Keamanan PBB yang memerintahkan penghentian seluruh proyek permukiman di tanah Palestina yang diduduki Israel.
“Seperti resolusi Dewan Keamanan PBB, bahwa Menteri Kerry melangkah malam ini, pidatonya miring terhadap Israel,” kata Netanyahu.



(esn/indo)
Item Reviewed: Gedung Putih Akan Veto Resolusi Negara Palestina Rating: 5 Reviewed By: The Indonesian Post