Hot News
Thursday, December 29, 2016

Dituduh Ada Deal dengan DPRD Soal APBD, Plt Gubernur Geram

Plt Gubernur DKI Jakarta, Sony Sumarsono



INDOPOST, JAKARTA - Kabar tidak sedap kembali berhembus di lingkungan DPRD DKI Jakarta. Konon, baru-baru ini santer dikabarkan adanya deal-deal anggaran antara dewan dengan pihak eksekutif.

Menanggapi isu tidak sedap ini, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, angkat bicara. Ia kembali menegaskan tak ada deal-deal, dengan DPRD terkait penyusunan APBD DKI 2017.

Pria yang akrab disapa Sony menjelaskan, anggota DPRD berhak memberikan masukan terkait anggaran apa saja yang dibutuhkan.

Namun Sony menyebutkan, bahwa seluruh anggaran nantinya akan dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Tidak ada deal-deal. Secara umum kebijakan apa yang dibuat oleh gubernur petahana silahkan lanjutkan. Kalau DPRD ada aspirasi masukan saja, toh nanti kalau melanggar masih ada koreksi dari Kemendagri," kata Sony di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (28/12).

Sony menambahkan, sebagai Plt Gubernur, dia tidak bisa memeriksa satu per satu APBD DKI sebesar Rp 70 triliun lebih tersebut

Sony menyebut dirinya mempercayakan seluruh pemeriksaan anggaran terhadap stafnya seperti Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) dan Bappeda.

Ia pun menilai, kedua instansi itu yang lebih tahu pemeriksaan anggaran. "Jangan kami yang koreksi terlalu detail. Karena yang bisa mengatakan iya dan tidak adalah Kemendagri. Kalau kami bilang tidak dan DPRD iya, kan deadlock, lebih baik cantumkan saja toh ini kan belum jadi anggaran tapi masih usulan," kata Sony.

Sebelumnya, Kemendagri telah mencoret anggaran yang diusulkan untuk sopir para anggota DPRD sebesar Rp 4 miliar karena tidak memiliki payung hukum. Kemendagri juga memotong anggaran rehab kolam ikan di Gedung DPRD yang sebelummya sebesar Rp 579 juta menjadi hanya Rp 300 juta.


(tsar/indo)
Item Reviewed: Dituduh Ada Deal dengan DPRD Soal APBD, Plt Gubernur Geram Rating: 5 Reviewed By: The Indonesian Post